Menu

Mode Gelap

Opini · 31 Agu 2023 15:36 WITA ·

Inovasi Bengkel Alkes Mobile


					Bernince, SKM - Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Tidung Perbesar

Bernince, SKM - Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Tidung

Pelayanan Kesehatan yang berkualitas tentunya di dukung oleh ketersediaan SDM Kesehatan yang kompeten serta sarana prasarana penunjang salah satunya ketersediaan Alat Kesehatan yang berkualitas.

Khususnya untuk pengelolaan alat kesehatan, ketersediaan SDM Ahli Teknik Elektromedik (ATEM) di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Tana Tidung masih terbatas, sehingga pengelolaan alat kesehatan belum berjalan maksimal serta belum adanya Unit Pemeliharaan Alat Kesehatan/Regional Maintenance Center di Kabupaten Tana Tidung.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Tidung melakukan terobosan “BENGKEL ALKES MOBILE” sebagai upaya peliharaan alat kesehatan yang dilakukan secara mobile. Adapun kegiatannya antara lain:

width"450"

1. Melakukan Pemeliharaan Promotif, yaitu mengedukasi penanggung jawab alkes dan pengguna alkes di Puskesmas maupun Rumah Sakit tentang bagaimana melakukan pemeliharaan terhadap alkes setelah digunakan,

2. Melakukan Pemeliharaan Preventif, yaitu melakukan pembersihan, pelumasan dan penggantian suku cadang pada unit/alkes, dan
3. Melakukan Pemeliharaan Korektif, yaitu melakukan tindakan perbaikan pada alkes yg rusak.

Dalam pelaksanaan BENGKEL ALKES MOBILE ini Dinas Kesehatan ber-MOU dengan Rumah Sakit Akhmad Berahim dan Puskesmas Tideng Pale yang memiliki tenaga ATEM, yang telah dilaksanakan pada bulan Juli 2023 dan selanjutnya akan dilaksanakan secara rutin minimal 3 bulan sekali atau sesuai kebutuhan faskes.

Pada pelaksanaan monev tanggal 22-23 Agustus 2023 di 4 (empat) Puskesmas, faskes mengaku telah menerima manfaat dari pelaksanaan BENGKEL ALKES MOBILE pada bulan sebelumnya yaitu, penanggung jawab dan pengguna alkes menjadi lebih memahami bagaimana merawat alkes dengan baik kemudian alkes-alkes yg sebelumnya mengalami kerusakan sudah dapat dioperasikan kembali.

Sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Tana Tidung, yaitu pada misi ke satu “Meningkatkan SDM yang berkualitas” dan salah satu dari 10 program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung yaitu “KTT SEHAT”.

Kemudian dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) tematik ” Peningkatan Investasi” dan Percepatan Prioritas Presiden “Pengendalian Inflasi”, BENGKEL ALKES MOBILE merupakan salah satu upaya dan sarana untuk mengatasi akar permasalahan tata kelola dalam pelayanan publik yang memang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, yaitu peningkatan kualitas pelayanan di Fasiltas Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Tana Tidung.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 110 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Pancasila Nilai yang Tak Pernah Usang

1 Juni 2024 - 08:10 WITA

blank

Terus Mengabdi Jangan Berhenti

22 Mei 2024 - 19:47 WITA

blank

Urgensi Kebangkitan Desa Pasca Terbitnya UU Desa Nomor 3 Tahun 2024

15 Mei 2024 - 21:06 WITA

blank

Pendidikan dan Original Kebangsaan

2 Mei 2024 - 13:03 WITA

blank

Implikasi Yuridis Perolehan Suara Calon Legislatif Mantan Narapidana Dengan Ancaman 5 Tahun Yang Diketahui Pasca Pemungutan Suara

18 April 2024 - 14:37 WITA

blank

Ramadhan Kareem

14 Maret 2024 - 12:02 WITA

blank
Trending di Opini