Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Politik · 13 Jun 2022 13:10 WITA ·

Bakal Temui Kemenhub, DPRD Kaltara Berharap Supaya Rute Kapal Tarakan-Surabaya Dibuka


Anggota DPRD Provinsi Kaltara dari gabungan Komisi 1 dan 3 berkunjung ke Pelni Tarakan. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Anggota DPRD Provinsi Kaltara dari gabungan Komisi 1 dan 3 berkunjung ke Pelni Tarakan. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Menindaklanjuti aspirasi masyarakat dan pertemuan dengan PT Pelni terkait usulan penambahan rute kapal Tarakan – Surabaya, DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bakal menemui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT. Pelni pusat. Upaya ini, agar rute kapal yang banyak diinginkan masyarakat bisa segera dibuka.

Rencana tersebut, disampaikan anggota Komisi 3 DPRD Provinsi Kaltara Achmad Usman usai bertemu dengan PT. Pelni Kota Tarakan beberapa waktu lalu.

“Kita merespon aspirasi masyarakat ini kan tidak hanya yang disampaikan tertulis ataupun lisan, kita mencoba juga mengakomodasi aspirasi-aspirasi masyarakat yang sifatnya disampaikan melalui media sosial,” kata Anggota Komisi 3 DPRD

Dijelaskan Achmad Usman, menjelang hari raya Idul Fitri kemarin, melihat ada beberapa keluhan di medsos khususnya masyarakat Kota Tarakan yang ingin mudik ke pulau Jawa terutama Surabaya, Jawa Timur. Warga meminta, supaya PT. Pelni kembali membuka rute Tarakan-Surabaya.

“Pada saat itu harga tiket kan melambung tinggi, mereka terkendala untuk mudik karena alternatif transportasi akhirnya. Sekarang rute itu secara geografis sebenarnya bisa melayani Surabaya, Pantoloan dan pulau bagian timur itu.<span;> Kita harapkan dari rute yang ada itu dari Pantaloan bergeser ke Tarakan kan secara geografis dekat aja itu, tinggal geser sedikit yang kita harapkan,” ujar politisi PKB.

width"450"
width"425"

Menindaklanjuti pertemuan tersebut ditambahkan Aman sapaan akrap Achmad Usman, langkah berikutnya Komisi 3 DPRD Provinsi Kaltara bakal menyampaikan aspirasi masyarakat ini ke Kemenhub dan PT. Pelni pusat supaya direstui. Bahwa rute Tarakan-Surabaya sebenarnya memiliki peluang komersil cukup besar.

“Peluang komersialnya itu kan baik dari kargo yang dikirim rumput laut, ikan bandeng, dan segala macam itu kan cukup besar peluang komersilnya. Yang kedua, disampaikan juga Kepala Cabang tadi bahwa penumpang yang keluar dan masuk dari Tarakan ini sifatnya stabil terus dia tidak mengenal low season, high season dia terus merata sekitar 700 orang per kapal,” ucap pria yang juga tercatat sebagai Ketua DPC PKB Tarakan.

Adanya rute Tarakan-Surabaya dikatakan Aman, DPRD juga akan mendorong supaya ada ripper container yang selama inikan  biaya ongkos angkut ekspedisi kapal swasta cukup mahal. Jika ada ripper container, harapannya nanti petani di Kaltara baik pembudidaya ikan atau peternak bisa mengirim produksi bahan bakunya yang beku langsung melalui Pelni.

“Harapan kita keluhan-keluhan masyarakat itu yang disampaikan melalui medsos, mudah-mudahan bisa teratasi. Selain akses masyarakat secara perorangan, juga memberikan nilai tambah untuk nilai ekonomi. Paling tidak masyarakat yang biasanya menjual hasil perikanannya maupun hasil ternaknya cukup disini saja, dia juga bisa mengakses pasar diluar melalui pengiriman-pengiriman yang skala kecil itu,” tutup Aman.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 187 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Berkunjung ke Kediaman Dr Salim, UAS: Silaturahim Menambah Keberkahan

19 Agustus 2022 - 22:00 WITA

Ketua DPRD Jamhari Ikuti Jalan Santai Bersama Ribuan Warga KTT

19 Agustus 2022 - 21:48 WITA

Sungai Sesayap Tercemar Limbah, Jamhari Sebut Sangat Berdampak Kepada Warga KTT

19 Agustus 2022 - 17:10 WITA

DPRD Prihatin Warga Malinau Kesulitan Air Bersih Dampak Sungai Tercemar Limbah Batubara

19 Agustus 2022 - 08:41 WITA

Ikuti Upacara HUT ke 77 RI, Ketua DPRD Kaltara Bertugas Bacakan Naskah Proklamasi

17 Agustus 2022 - 22:08 WITA

Ketua DPRD Jamhari Ajak Masyarakat Meriahkan dan Isi Kemerdekaan RI

17 Agustus 2022 - 16:37 WITA

Trending di Advetorial
error: Alert: Content is protected !!