Menu

Mode Gelap

Daerah · 11 Mei 2023 07:17 WITA ·

Tarik Wisatawan, Pesta Panen Desa Sapari Tana Tidung Akan Digelar Rutin


					Tarik Wisatawan, Pesta Panen Desa Sapari Tana Tidung Akan Digelar Rutin Perbesar

TANA TIDUNG – Tradisi syukuran paska panen sampai saat ini masih terus dilakukan secara turun temurun, salah satunya masyarakat desa Sapari, Kecamatan Muruk Rian, Kabupaten Tana Tidung.

Seperti yang dilaksanakan pada 3 Mei 2023 lalu, dimana syukuran paska panen ini diikuti ratusan masyarakat desa, hadir juga Ketua PKK KTT Vamelia Ibrahim, Plt Kepala Disparpora, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Disperindagkop dan stakeholder terkait.

Syukuran paska panen ini merupakan ungkapan rasa syukur dari masyarakat Desa Sapari atas berkat yang diberikan Tuhan kepada Bumi Sapari, sehingga masyarakat mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya syukuran paska panen kali ini cukup meriah.

“Syukuran pasca panen ini merupakan yang pertama dilaksanakan sebagai perayaan. Sebelumnya, syukuran pasca panen hanya dilaksanakan dengan kegiatan doa bersama di gereja setempat,” ujar Mesak, Plt Kepala Disparpora.

Mesak mengatakan, meriahnya kegiatan dan tentunya masih mempertahankan adat istiadat daerah, hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk mendorong peningkatan kepariwisataan di Desa Sapari dan Kabupaten Tana Tidung secara umum.

Baca Juga : Dinkes Tana Tidung Gelar Pemeriksaan IVA Gratis

“Kedepannya acara ini direncanakan akan rutin dilakukan setiap tanggal 24 April, supaya pesta panen ini bisa juga masuk dalam Calendar of Event Provinsi Kaltara,” ucapnya.

Tidak hanya seremonial, pelaksanaan pesta panen juga cukup meriah diisi dengan berbagai penampilan kesenian, lomba kuliner dan lainya yang diikuti seluruh masyarakat desa.

“Acara ini dilaksanakan dengan menjujung tinggi Kebhinekaan, sehingga seluruh masyarakat Desa Sapari bisa mengikuti kegiatan ini walaupun berasal dari berbagai suku yang berbeda. Pada acara ini juga masyarakat mengenakan pakaian adat khas suku mereka masing-masing,” pungkasnya. (her/Iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 107 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Sinergi Dengan Pemerintah Percepat Pemulihan Kelistrikan Mahulu

19 Mei 2024 - 18:36 WITA

blank

Hadiri Turnamen Domino, Gubernur Zainal Apresiasi Semangat Kebersamaan

19 Mei 2024 - 18:30 WITA

blank

Bambang Susantono: Digitalisasi dan Solusi Berbasis Alam sebagai Metode Pengelolaan Air dan Manajemen Bencana di Nusantara

19 Mei 2024 - 18:15 WITA

blank

Apel Komandan Satuan TA 2024 Di Akhiri Gowes bersama

19 Mei 2024 - 18:11 WITA

blank

PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan, Pastikan Keandalan Pelayanan KTT WWF 2024 di Bali

19 Mei 2024 - 18:06 WITA

blank

Gubernur : Kerukunan dan Toleransi Kunci Sukses Membangun Kaltara

19 Mei 2024 - 17:50 WITA

blank
Trending di Daerah