Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Fokus · 7 Jul 2021 12:47 WITA ·

Avsec Bandara Juwata Tarakan Gagalkan Penyelundupan Narkoba


Avsec Bandara Juwata Tarakan Gagalkan Penyelundupan Narkoba Perbesar

TARAKAN – Petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Juwata Tarakan berhasil gagalkan penyelundukan narkotika jenis sabu-sabu pada Kamis (1/7/2021) lalu. Sabu dibawa oleh seorang penumpang tujuan Tarakan ke Makassar.

Kepala Bandara Internasional Juwata Tarakan, Agus Priyanto menjelaskan, pengungkapan berawal saat petugas Avsec di SCP 1 atau X-Ray pertama curiga dengan barang bawaan penupang dan setelah diperiksa ternyata isinya diduga narkoba jenis sabu.

“jadi pada saat dilaksanakan pemeriksaan di SCP 1 atau X-Ray pertama itu ada hal yang mencurigakan disitu, kemudian di cek ulang karena masih menimbulkan kecurigaan akhirnya kita coba yang punya barang tersebut membuka, ternyata memang benar itu sabu-sabu setelah kita cek menggunakan alat pendeteksi narkoba melalui BNNP,” ungkapnya, Senin (5/7/2021).

Sabu tersebut dibawa oleh seorang penumpang tujuan Tarakan – Makassar menggunakan maskapai Lion Air, penerbangan siang. Agus mengatakan untuk modusnya pelaku menggunakan kue merk Apollo sebanyak 20 buah namun 16 buah isinya sudah diganti dengan sabu-sabu.

“Masing-masing berisi 25 gram sabu-sabu, jadi ada 16 cake Apollo kemudian 4 cake isinya masih sama (kue), sehingga totalnya 400 gram,” ungkapnya.

Sabu-sabu disimpan dalam bungkus kue Apollo

Selanjutnya, Bandara Juwata Tarakan melakukan koordinasi dengan BNNP Kaltara untuk ditindaklanjuti,”Informasi Alhamdulillah pelakunya tertangkap,” sambungnya.

Agus Priyanto menegaskan, pihaknya sangat komitmen dan support pemerintah dan BNN dalam rangka pemberatasan narkoba. Selama menjabat Agus mengatakan sudah 4 kali mengungkap penyelundupan sabu melalui bandara.

“Sudah 4 kali temuan dan modusnya macam – macam ada diatas 400 gram, kemudian satu lagi pakai botol cair. Setiap ada temuan pasti dikoordinasikan ke BNN karena domainnya ada di mereka baik BNNP maupun BNN kota mereka ataupun Polres kita ajak koordinasi kita hanya sebatas menemu mengelani. Kemudian kita harus tindak lanjutnya untuk mengadakan selanjutnya adalah domainnya mereka,” imbuhnya.

Sebelumnya, video pengungkapan sabu-sabu di bandara ini tersebar luas dibawa oleh seorang wanita atas nama (inisial) WE, dihadapan petugas yang bersangkutan mengaku tinggal di Tarakan dan akan pergi ke Makassar. (wic/iik)

Artikel ini telah dibaca 165 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

750 PKL dan Warung di Tarakan Terima Bantuan Rp1,2 Juta

16 Oktober 2021 - 10:35 WITA

Gandeng Tokoh Politik Nunukan, Polda Kaltara Salurkan Bansos Kepada Warga

15 Oktober 2021 - 15:15 WITA

Program Peduli Covid-19, Polda Kaltara Salurkan Bansos Kepada Warga Nunukan

15 Oktober 2021 - 14:48 WITA

Waspada Penipuan Berkedok Lelang, KPKNL Tarakan Terima 2 Aduan 

14 Oktober 2021 - 20:23 WITA

Tidak Diijinkan Pasang Sambungan Listrik Baru, Warga di 5 RT Pantai Amal Ngadu Ke DPRD

14 Oktober 2021 - 11:57 WITA

Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar

11 Oktober 2021 - 18:10 WITA

Trending di Daerah