Menu

Mode Gelap

Opini · 14 Mar 2024 12:02 WITA ·

Ramadhan Kareem


					Said Muhammad Nur, S. HI, MH Perbesar

Said Muhammad Nur, S. HI, MH

Kompleksitas Ramadhan saat ini menjadi Viral di Kalangan Masyarakat Muslim seluruh dunia. Kehadiran Ramadhan menjadi Kebahagiaan tersendiri bagi umatnya Nabi Muhammad SAW.

Terlepas dari hiruk pikuk dunia, gejolak politik, sosial dan ekonomi yang saat ini menjadi tekanan bagi umat Muslim di Dunia khususnya Indonesia, Ramadhan menjadi Healing bagi Umat Muslim untuk mencapai kebahagiaan yang sangat luar biasa.

width"300"
width"300"

Ditinjau dari segi Ekonomi, kehadiran Ramadhan menjadi wadah perkembangan ekonomi secara signifikan. Meningkatnya jual beli pasar sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat selama sebulan penuh sampai Idul Fitri nantinya.

width"300"

Contohnya, banyaknya penjual takjil untuk berbuka dan belanja lauk-pauk untuk makan malam dan sahur. Ramadhan dapat memenuhi sektor tersebut. Dengan datangnya bulan Ramadhan dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Dari segi Sosial, Ramadhan menjadi refleksi sosial bagi hubungan antar umat manusia. Ramadhan mengajarkan kehidupan sosial dalam tatanan kehidupan di dunia khususnya umat Muslim yang ada di Indonesia. Tidak terlepas dengan gejolak politik yang semakin memanas, namun Ramadhan hadir untuk menekan gejolak tersebut, sehingga hubungan sosial tersebut terjalin dengan baik.

Keutamaan yang menjadikan Ramadhan sebagai bulan yang sangat mulia adalah Ramadhan menjadi bulan yang dikhususkan bagi Umat Nabi Muhammad SAW. Di dalamnya terdapat kewajiban Puasa sebulan penuh bagi Umat Muslim di seluruh dunia.

width"300"

Dengan puasa mengajarkan kepada umat untuk senantiasa menahan diri dari makan dan minum, diajarkan di dalamnya untuk sabar dalam menghadapi segala cobaan. Dengan begitu umat muslim merefleksikan dirinya senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Karena keutamaan lain

width"400"

dari Ramadhan adalah setiap ibadah yang dilaksanakan di bulan Ramadhan dilipatgandakan oleh Allah SWT, berbeda dengan keistimewaan bulan-bulan yang lain selain bulan Ramadhan.

width"400"

Kewajiban lainnya adalah perintah menunaikan Zakat Fitrah. Kewajiban ini memiliki landasan bahwa tidak semua umat Muslim hidup dalam kemampuan di Bulan Ramadhan, sehingga Ramadhan mengajarkan untuk berbagi kepada sesama saudara muslim yang kurang mampu sebagai hubungan sosial yang menjadi peran penting dalam suksesnya ibadah di bulan Ramadhan.

Dengan menunaikan zakat fitrah, umat muslim dapat membersihkan diri dan hartanya. Ramadhan dapat memenuhi akan kebutuhan tersebut.

Puasa dan Zakat, dua kewajiban yang memberikan sejuta kemuliaan dan keutamaan di dalam bulan Ramadhan, sehingga umat Muslim harus melaksanakannya untuk mendapatkan fitrah dari Ramadhan itu sendiri. Keutamaan Kewajiban tersebut berbeda dengan ibadah- ibadah lainnya yang dilaksanakan di luar bulan Ramadhan.

Segala Kewajiban dan Amalan-amalan lainnya semua dilipatgandakan oleh Allah SWT. Tidak terlepas dengan Kewajiban Sholat lima waktu yang dilipatgandakan oleh Allah juga pahalanya.

Itulah Ramadhan Kareem, kalangan umat Muslim demikian menyebutnya karena Ramadhan memiliki segala kemuliaan dan keutamaan yang umat Muslim dapat merasakannya.

Ramadhan selalu dinanti- nanti oleh seluruh umat Muslim seluruh dunia khususnya Indonesia. Dengan hadirnya bulan Ramadhan segala dapat terpenuhi. Semoga Ramadhan tahun ini sebagai refleksi diri untuk mencapai kesuksesan dalam menggapai keberkahan dan keridhaan Allah SWT . Amin Ya Rabbalamin.(*)

Penulis : Said Muhammad Nur, S. HI, MH

(Analis Kebijakan Kantor Kemenag KTT)

 

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 117 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Pancasila Nilai yang Tak Pernah Usang

1 Juni 2024 - 08:10 WITA

blank

Terus Mengabdi Jangan Berhenti

22 Mei 2024 - 19:47 WITA

blank

Urgensi Kebangkitan Desa Pasca Terbitnya UU Desa Nomor 3 Tahun 2024

15 Mei 2024 - 21:06 WITA

blank

Pendidikan dan Original Kebangsaan

2 Mei 2024 - 13:03 WITA

blank

Implikasi Yuridis Perolehan Suara Calon Legislatif Mantan Narapidana Dengan Ancaman 5 Tahun Yang Diketahui Pasca Pemungutan Suara

18 April 2024 - 14:37 WITA

blank

Kampus Cerminan Negara/Negara Cerminan Kampus?

13 Februari 2024 - 13:56 WITA

blank
Trending di Opini