Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Politik · 8 Okt 2021 20:34 WITA ·

Diresmikan, Ketua Bawaslu RI Abhan Menyebut SKPP Demi Wujudkan Pemilu Berkualitas


Ketua Bawaslu RI Abhan meresmikan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif di Kota Tarakan. Foto : Humas Pemkot Tarakan. Perbesar

Ketua Bawaslu RI Abhan meresmikan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif di Kota Tarakan. Foto : Humas Pemkot Tarakan.

TARAKAN – Suara gemuruh tepukan tangan menggema dalam ruangan Tulip, di Swiss Bell Hotel Tarakan pada pukul 22.00 Wita menyambut pemukulan gong oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Abhan. Menandakan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar di Kota Tarakan secara resmi dilaksanakan.

Dihadapan tamu undangan dan 84 peserta SKPP Dasar, Abhan menyampaikan hingga saat ini, SKPP masih menjadi program nasional Bawaslu RI. Sebab program ini sangat relevan dengan masyarakat dan menjadi primadona bagi kalangan pemuda yang ada di nusantara.

“Program SKPP itu memiliki pasar dan target tersendiri, jadi tidak heran kalau peminatnya cukup tinggi dari kalangan pemuda,” beber pria dua anak ini.

Alasan Bawaslu RI menjadikan pemuda target utama, lantaran masih memiliki jiwa idealis dan semangat yang sangat tinggi serta belum terkontaminasi dengan hal-hal yang buruk.

Ketua Bawaslu RI Abhan bersama peserta SKPP. Foto : Humas Pemkot Tarakan

SKPP yang dikemas dalam sebuah sistem pendidikan dan pelatihan, Abhan berharap peserta dapat berperan serta mewujudkan pemilu yang berkualitas. Adapun aktivitas yang dapat dilakukan peserta nantinya yaitu dengan memantau pelaksanaan, melaporkan pelanggaran, menyampaikan informasi dugaan pelanggaran, ikut mencegah terjadinya pelanggaran pemilu.

“Harapan kami yah bisa menghasilkan kader-kader partisipatif yang memiliki integritas, dedikasi yang tinggi. Dan tentunya pemuda yang kreatif dan inovatif,” paparnya.

Ia menegaskan, Pemilu maupun Pemilihan merupakan sebuah kompetisi yang legal dalam mencapai sebuah kekuasaan sebuah negara yang demokratis. Sehingga perlu regulasi untuk mengawasi setiap proses mencapai kekuasaan tersebut.

“Nanti kalau tidak di awasi yah bisa saja prosesnya tidak Luber dan Jurdil,” tegasnya.

Jumlah pengawas dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa, sangat terbatas jika dibandingkan dengan luasan wilayah yang akan diawasi. Melihat hal itu, sangat penting partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan.

Ketua Bawaslu RI Abhan foto bersama tamu undangan dan peserta. Foto : Humas Pemkot Tarakan.

“Tentu dalam proses pengawasan membutuhkan ilmu ataupun pengetahuan maka perlu sebuah wadah untuk mendidik dan memberikan pelatihan. Nah program SKPP ini lah salah satu wadahnya,” bebernya.

Tidak lupa juga Abhan menyampaikan terimakasih kepada pemerintah kota dalam hal ini Walikota Tarakan dr. Khairul telah memebrikan dukungan sepenuhnya berupa surat rekomendasi pelaksanaan kegiatan kepada Bawaslu.

“Walikota sudah berikan ijin dan Bawaslu komitmen selama pelaksanaan kegiatan berlangsung semua yang terlibat di arena kegiatan menerapkan protocol kesehatan,” kata dia.

“84 peserta sudah divaksin dan syarat utama masuk forum yah harus menjalani swab antigen dengan hasil negative,” tambahnya.

Pembukaan SKPP Tingkat Dasar dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Suriansyah, Walikota Tarakan dr.Khairul, Kaploda Kaltara, Ketua Bawaslu kabupaten/kota se- Kaltara, Ketua Partai Politik se-Kaltara dan sejumlah instansi yang lainnya.(**)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rayakan HUT Ke 9 Provinsi Kaltara, Partai Nasdem Gelar Vaksinasi Covid-19

26 Oktober 2021 - 21:57 WITA

Dirgahayu ke 57, Partai Golkar Tarakan Targetkan Jadi Pemenang Pemilu 2024

25 Oktober 2021 - 15:08 WITA

DPRD Dukung Tarakan Gelar PTM

22 Oktober 2021 - 06:40 WITA

Sambut Pemilihan Serentak 2024, Bawaslu Tarakan MoU dengan Ormawa, OKP dan Ormas

19 Oktober 2021 - 16:45 WITA

Apresiasi Kinerja Khairul-Effendhi, Partai Hanura Berharap Kerjasama Berlanjut Hingga Pilkada 2024

19 Oktober 2021 - 15:47 WITA

Jalan TPU Nasrani Juata Laut Diklaim Warga, DPRD Tarakan Minta Segera Diselesaikan

19 Oktober 2021 - 10:48 WITA

Trending di Politik