Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Pendidikan · 3 Nov 2022 16:02 WITA ·

Kurikulum Merdeka bakal Diterapkan, Trakindo Beri Pelatihan Guru SDN 014 Tarakan


PT. Trakindo Utama beri pelatihan guru SDN 014 Kota Tarakan. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

PT. Trakindo Utama beri pelatihan guru SDN 014 Kota Tarakan. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Meningkatkan mutu tenaga didik di sekolah binaan, PT. Trakindo Utama memberikan pelatihan kepada para guru SDN 014 Kota Tarakan, Kamis (3/11/22). Melalui program Generasi Trakindo, diharapkan para guru nantinya bisa menjalankan proyek program Kementerian yaitu P5.

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini, diikuti seluruh guru SDN 014 Kota Tarakan. Selama pelatihan, bakal diberikan materi khusus di bidang kesehatan.

“Yang diberikan di materi-materi ini tentang strategi UKS sebagai motor penggerak disekolah untuk bidang kesehatan. Jadi bukan hanya sebagai tempat siswa sakit, tapi juga sebagai tempat untuk program-program kesehatan di sekolah termasuk pendidikan kesehatan terus lingkungan sehat, terus manajemen UKS nya. Terus ada pembelajaran berbasis challenge based learning (pembelajaran berbasis tantangan),” kata Trainer Edukasi Generasi Trakindo Muhammad Riska.

width"450"

PT. Trakindo Utama beri pelatihan guru SDN 014 Kota Tarakan. Foto : Fokusborneo.com

Model pembelajaran yang digunakan CBL, jadi siswa dilatih untuk membuat sebuah produk berkaitan dengan kesehatan di lingkungan sekolah. Berbasis pembelajaranya tidak muncul tiba-tiba produk, tapi ada proses mencakup materi pelajaran yang diajarkan disekolah.

width"

“Kalau programnya 1 tahun, pelatihan sendiri itu ada 2 tahap, tahap pertama dan tahap kedua. Tahap pertama 2 hari, dua hari pertemuannya tapi tetap ada pendampingan secara daring,” tambah Riska.

Harapankan dari pelatihan ini para guru mampu menerapkan pembelajaran  khususnya proyek di program Kementerian yaitu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) khususnya berkaitan dengan kesehatan dengan membuat produk kesehatan untuk lingkungan sekolah.

width"350"

PT. Trakindo Utama beri pelatihan guru SDN 014 Kota Tarakan. Foto : Fokusborneo.com

width"300"

Plt Kepala SDN 014 Kota Tarakan Suprik menyambut baik pelatihan yang diberikan PT. Trakindo Utama. Upaya ini untuk menambah wawasan atau pengetahuan dalam model pembelajaran terutama pembelajaran masa sekarang yaitu sesuai dengan kurikulum merdeka.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini, kami bisa walaupun secara bertahap bisa mengimplementasikan yang namanya kurikulum merdeka walaupun hanya dalam kegiatan P5 nya,” ungkap Suprik.

PT. Trakindo Utama beri pelatihan guru SDN 014 Kota Tarakan. Foto : Fokusborneo.com

Kurikulum merdeka ini, mulai 2024 diterapkan di semua sekolah. Adanya  kegiatan transformasi edukasi Generasi Trakindo, bisa membantu para guru sebelum kurikulum merdeka dilakukan.

“Harapannya itu berlanjut terus, pendampingan Trakindo terus berlanjut, karena kami masih belum puas dengan pengetahuan-pengetahuan yang sudah disampaikan oleh trainer-trainer. Jadi mudah-mudahan kedepannya terus berjalan,” harap Suprik.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 230 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bupati Bulungan : Penguatan Literasi Bangun Pendidikan

7 Desember 2023 - 18:28 WITA

Buka Rakerda UKS/M, Wabup Ingkong Ala : Pentingnya Membangun Sekolah Sehat

7 Desember 2023 - 04:46 WITA

Bupati Ibrahim Ali dan Istri Komitmen Wujudkan Program KTT Pintar 

6 Desember 2023 - 20:36 WITA

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka, Gubernur Minta Guru Berinovasi

28 November 2023 - 07:51 WITA

2024 Pemkot Balikpapan Bangun SMP di Balikpapan Tengah

16 November 2023 - 21:24 WITA

Bahasa Dayak, Tidung, dan Bulungan Mulai Diajarkan di Sekolah

16 November 2023 - 16:15 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!