Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 21 Mar 2023 14:29 WITA ·

Dorong Pengembangan UMKM, HIPMI Kaltara Fasilitasi Pelaku Usaha Dapat Permodalan dari Perbankan


					HIPMI Kaltara gelar Perbesar

HIPMI Kaltara gelar "Bincang UMKM Bersama Perbankan dan Pelaku Usaha". Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) fasilitasi pelaku UMKM mendapatkan bantuan permodalan untuk usaha. Hal ini, bertujuan supaya UMKM di Kaltara berkembang pasca pandemi Covid-19.

Dukungan itu, disampaikan dalam “Bincang UMKM Bersama Perbankan dan Pelaku Usaha” yang dilaksanakan di Gudeg Bu Harman, Senin (20/3/23).

width"300"

Baca juga : Polsek KSKP Tarakan Gagalkan Penyelundupan 10.507 Pcs Kosmetik Ilegal, Pelaku Suami Istri 

width"300"

Kegiatan yang dihadiri 130 pelaku UMKM ini, dihadiri Ketua Umum BPD HIPMI Kaltara Ahmad Syamsir Arief, Ketua Bidang II HIPMI Kaltara Hamsir Ancie dan Pimpinan BRI Tarakan Doan Tauriono.

Ketua Bidang II HIPMI Kaltara Hamsir Ancie mengatakan acara ini untuk mensosialisasikan peran HIPMI dan perbankan kepada pelaku usaha pasca pandemi Covid-19. Salah satunya, memfasilitasi pelaku UMKM mendapatkan bantuan permodalan dari perbankan.

blank

Ketua Bidang II HIPMI Kaltara Hamsir Ancie. Foto : Fokusborneo.com

width"300"

“Alhamdulillah HIPMI sudah membantu teman-teman 110 pelaku UMKM mendapatkan bantuan pinjaman modal Rp. 10 Juta tanpa anggunan. Bahkan ada beberapa sudah melakukan pelunasan,” kata Hamsir kepada Fokusborneo.com.

Hamsir menambahkan HIPMI juga membantu pelaku UMKM mendapat pinjaman KUR tanpa anggunan dengan jumlah lebih besar mulai dari Rp 25 juta, Rp 50 juta dan Rp 100 juta.

“Itu juga dibantu dari teman-teman perbankan. Makanya hari ini kita pertemukan pimpinan perbankan dengan pelaku usaha untuk berdiskusi, apa yang menjadi hambatan teman-teman pelaku usaha. Nah HIPMI melakukan perannya dan perbankan juga melakukan perannya,” ujarnya.

blank

Ketua Umum BPD HIPMI Kaltara Ahmad Syamsir Arief. Foto : Fokusborneo.com

Ketua Umum BPD HIPMI Kaltara Ahmad Syamsir Arief mengatakan keberadaan HIPMI bertujuan untuk membantu menumbuh kembangkan UMKM, karena 60 persen berpengaruh terhadap PDB Negara Indonesia. Dan 90 persen tenaga kerja berasal dari UMKM.

“Jadi salah satu peranan HIPMI adalah bagaimana memperkuat, menciptakan UMKM baru dan mengembangkan yang sudah ada. Yang lainnya mereka bisa memperoleh akses permodalan ini yang kami fasilitasi dengan perbankan,” jelas Syamsir Arief.

Baca juga : Ribuan Dosen dari 35 PTN Baru Tuntut Presiden Segera Diangkat Jadi PNS bukan PPPK 

Syamsir berharap pertemuan ini para pelaku usaha bisa mengetahui persyaratan yang dibutuhkan dalam pengajuan kredit untuk permodalan. Sebab selama ini masyarakat setiap mendengar kata bank, kurang nyaman.

“Ini yang kita berikan sosialisasi bahwa ternyata banyak kemudahan-kemudahan yang kami dari HIPMI berikan, agar bisa memenuhi persyaratan yang diminta perbankan sehingga mereka mendapat bantuan,” ungkapnya.

HIPMI Kaltara gelar “Bincang UMKM Bersama Perbankan dan Pelaku Usaha”. Foto : Fokusborneo.com

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Tarakan Doan Tauriono menegaskan bahwa BRI fokus pembiayaan UMKM. Saat ini BRI sedang gencar dalam hal pemberdayaan UMKM.

“Dengan adanya sinergi holding ultra mikro, BRI, Pegadaian dan PNM, berusaha melayani kebutuhan masyarakat khususnya pelaku UMKM dari mulai yang kecil sampai yang besar. Jadi mulai pelayanan untuk pembiayaan, kemudian digitalisasi perbankan, kami siap untuk melayani UMKM,” pungkas Doan.

Baca juga : Selama Ramadhan, Stok Kebutuhan Pokok di Tarakan Dipastikan Aman 

Doan menjelaskan di Kota Tarakan BRI  dari akumulasi total penyaluran kredit kecil skala UMKM sampai Desember 2022 lalu, sudah mencapai Rp 500 miliar. Dari kredit disalurkan, ada beberapa pelaku usaha yang pengembaliannya tidak lancar.

“Tentunya pasti ada, namanya juga usaha pasti ada pasang surut, cuma sejauh ini tidak mendesak. Hanya saja yang menunggak tidak banyak, masih kebanyakan yang lancar,” tutupnya.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 271 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

19 Juni 2024 - 17:17 WITA

blank

Penjabat Walikota Tarakan Sidak Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Jelang Idul Adha 1445 H

15 Juni 2024 - 11:44 WITA

blank

Antisipasi Kenaikan Permintaan Kebutuhan BBM dan LPG Jelang Idul Adha, Pertamina Siagakan Stok dan Layanan Kontak 135

14 Juni 2024 - 16:46 WITA

blank

Percepat Elektrifikasi dan Pengembangan EBT, PLN Raih Pendanaan World Bank USD581,5 Juta  

13 Juni 2024 - 20:42 WITA

blank

Tekan Inflasi, Pj Wali Kota Tarakan Gandeng BI Langkahkan Gerakan Menanam

13 Juni 2024 - 18:25 WITA

blank

Pemkot Tarakan Gelar Pasar Murah

13 Juni 2024 - 16:40 WITA

blank
Trending di Daerah