Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Politik · 13 Mei 2022 22:04 WITA ·

Wujudkan Ketahanan Pangan, DPRD Minta Ada Pendampingan dan Bantuan Peralatan bagi Petani


Kegiatan penanaman bibit padi di Kaltara. Foto : Humas Provinsi Kaltara Perbesar

Kegiatan penanaman bibit padi di Kaltara. Foto : Humas Provinsi Kaltara

TANJUNG SELOR – Memudahkan para petani bercocok tanam, DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) meminta kepada Pemerintah untuk memberikan bantuan peralatan. Hal ini supaya para petani bisa mandiri kedepannya.

Permintaan tersebut, disampaikan anggota DPRD Provinsi Kaltara Ellia DJ. Menurutnya, guna memperkuat ketahanan pangan dimasa mendatang perlu ada kemandirian dari para petani.

“Di Pulau Jawa petani sibuk hanya saat panen dan tinggal memetik hasil, karena semuanya dikerjakan dengan alat modern mulai dari bercocok tanam sampai panen seperti hand tracktor dan peralatan lainnya, ” ujar Ellia Dj kepada aw

Kondisi ini berbeda dengan di Kaltara, dikatakan Ellia masyarakat petani di pedalaman bercocok tanam padi masih dilakukan secara swadaya. Begitu juga masalah bibit dan pupuk, perlu perhatian

“Masyarakat pedalaman mereka bibit siapkan sendiri, kemudian mulai dari pembukaan lahan, penanaman hingga pemanenan semua diongkosi secara pribadi,” ujar politisi Hanura.

Sebab itu, kedepan DPRD meminta agar pemerintah bisa hadir dengan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada petani yang ada di pedalaman.

“Mereka itu kan belum tahu cara merubah dari sistem berladang di gunung kepersawahan, sebenarnya petani disana antusias bercocok tanam padi yang benar disawah,” tegas Ellia Dj.

Maka dari itu, dikatakan Ellia Dj perlu ada pendampingan dari pemerintah, supaya ada edukasi yang benar kepada petani. Sebenarnya, di Kaltara untuk lahan persawahan cukup luas.

“Sekarang itu tinggal pemerintah membuatkan saluran irigasi dan menurunkan petugas penyuluh lapangan pertanian (PPL) sebagai pendampingan, yakin saya Kaltara berdaulat pangan bakal segera terwujud,” ucap Ellia Dj.(Mt/Ad)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kibarkan Bendera LGBT, Hasan Basri Minta Pemerintah Indonesia Tegur Kedubes Inggris

24 Mei 2022 - 12:41 WITA

Jadi Perhatian DPRD Kaltara, Jalan Longsor Gunung Selatan Minta Segera Ditangani

23 Mei 2022 - 10:29 WITA

Terima SK dari DPP, Partai Demokrat Kaltara Siap Menang Lagi

21 Mei 2022 - 10:34 WITA

Reses, Warga Karang Harapan Curhat Soal Jalan ke Jufri Budiman

21 Mei 2022 - 10:20 WITA

Hari Kebangkitan Nasional, Sicita PDI Perjuangan Pecah Rekor Muri

20 Mei 2022 - 14:47 WITA

Hasan Basri Sambut Positif, Kebijakan Pemerintah Longgarkan Wajib Masker

20 Mei 2022 - 10:56 WITA

Trending di Nasional
error: Alert: Content is protected !!